Mengenal Bahan-bahan Pembuat Papan Nama Toko

By | Mei 10, 2019
bikin papan nama toko

Papan nama toko merupakan sebuah benda yang berfungsi untuk memberikan tanda bagi konsumen dan calon konsumen untuk dapat mengenali tepat usaha anda. Papan nama toko juga berfungsi sebagai media promosi usaha agar memudahkan konsumen menemukan lokasi tempat usaha yang anda kelola. Untuk itu, papan nama yang menarik dan unik menjadi syarat mutlak agar usaha anda cepat dikenal. Berikut ini bahan-bahan yang bisa anda gunakan untuk bikin papan nama toko :

1. Acrylic

Bahan acrylic merupakan sebuah bahan yang transparansinya mirip dengan kaca, namun memiliki keunggulan pada segi bobot yang lebih ringan dan kelenturan yang lebih baik sehingga tidak mudah pecah. Bahan acrylic ini bisa menjadi pilihan dalam pembuatan papan nama toko karena dapat mudah dipotong, diukir, di cat, bahkan dilubangi dengan bor. Daya tahan material ini juga sangat baik menghadapi cuaca maupun hama. Material ini cukup diminati sebagai bahan papan nama karena segala kelebihannya tersebut.

2. Kayu

Material yang umumnya dipakai untuk bikin papan nama toko adalah kayu. Bahan kayu memiliki keunggulan karena mudah dibentuk dan diberi warna dengan berbagai macam cat. Sayangnya bobot material ini cukup berat, terlebih bila anda memilih jenis kayu yang relatif kuat dan berkualitas. Selain itu, bahan kayu juga mudah diserang hama dan lemah terhadap perubahan cuaca. Kendati demikian, bahan ini memiliki, kayu memiliki keunikan sendiri yang membuatnya menjadi lebih elegan bila dibuat dengan tepat.

3. Alumunium

Material lain yang sering dipakai untuk bikin papan nama toko adalah aluminium. Lembaran aluminium memiliki ketebalan yang beragam mulai 1-20 milimeter. Semakin tebal material ini, makan semakin berat pula bobotnya. Keuntungan penggunaan material aluminium adalah daya tahannya yang baik terhadap cuaca, serta masih relatif mudah dibentuk. Untuk pewarnaan atau pembuatan desain material ini biasanya menggunakan sistem sablon agar lebih rapi.

4. Seng

Material seng juga lazim dipakai sebagai papan nama. Hampir mirip dengan aluminium, namun ketahanan seng terhadap cuaca dinilai kurang begitu baik. Meskipun secara ekonomi lebih murah, penggunaan material seng sangat tidak disarankan untuk kebutuhan outdoor. Material ini mudah mengalami korosi akibat perubahan cuaca dan akan bertambah parah bila sering terkena air. Penggunaan cat pelapis hanya memperpanjang jangka waktu agar tidak cepat terjadi korosi saja.

Karena papan nama toko memiliki peranan penting dalam berjalannya sebuah usaha, jangan ragu untuk melakukan pengadaan benda yang satu ini. Dengan mengenal bahan-bahan pembuatnya, anda bisa memilih mana yang terbaik untuk usaha anda. Jika anda masih kebingungan dalam menentukan bahan dan harganya anda bisa berkonsultasi dengan jasa pembuatan huruf timbul purwokerto yang juga melayani pembuatan papan nama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *